Apakah Terapi ABA-VB?

Apakah
Analisis Perilaku Terapan (Applied Behaviour Analysis (ABA) Therapy)
?

ABA adalah program pengajaran yang intesif, terstruktur yang memecah perilaku dan kemampuan kompleks menjadi komponen sederhana. Anak-anak mempelajari setiap komponen tersebut dengan mencoba dan dapat dilihat bagaimana mereka merespon sebuah stimulus (misalnya suara atau objek) – respon yang benar mendapatkan hadiah dan respon yang tidak tepat diabaikan.

Pada awalnya, terapis menggunakan hadiah yang bersifat fisik seperti makanan atau mainan sampai mereka mengasosiasikannya dengan hadiah. Perlahan, terapis akan menggunakan pengahrgaan social seperti pelukan dan pujian sebagai gantidari hadiah fisik.

Seiring dengan waktu, terapis meningkatkan kesulitan dalam mendapatkan hadiah dan akan mengganti hadiah fisik intu menjadi hadiah social. Anaka akan belajar lebih banyak komponen dan dapat menggeneralisir dan menggunakannya sebagai ketrampilan yang berguna.

ABA adalah satu satunya bentuk terapi terhadap autism yang didukung oleh U.S Surgeoun General. Program ABA sering memerlukan 40 jam tiap minggu dan sesi satu-satu dalam periode kontinu dalam waktu 2 tahun atau lebih.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh seorang psikologis B.F Skinner dan rekannya, program ini sukses digunakan untuk menangani autism pada tahun 1967. Proggram ini popoler pada tahun 1993, setelah pencapaian luar biasa ini didokumentasikan ("Long Term Outcome for Children With Autism Who Received Early Intensive Behavioral Treatment" oleh McEachin, Smith, & Lovaas) juga dengan diterbitkannya buku milik Catherine Maurice ("Let Me Hear Your Voice”) mengenai kedia anaknya yang pulih dari autisme.

Apakah
Terapi Perilaku Verbal (Verbal Behavior (VB) Therapy)
?

Apakah keuntungannya bagi saya berbicara dengan orang lain?” – Pertanyaan ini adalah tujuan dari ABA/VB untuk membuat anak paham dengan menggunakan prinsip ABA.

Tidak seperti ABA terdahulu yang memaksa anak untuk duduk dan mengikuti pelajaran yang membosankan untuk mendapatkan pengahragaan, pendekat VB dalam melakukan ABA bertujuan untuk menunjukkan pada anak nilai dari berkomunikasi menggunakan bahasa. Hal ini masuk akal ketika mengamati bahwa bahasa pertama anak biasanya digunakan untuk mendapatkan hal yang diingankan.

Dalam ABA/VB, anak mulai belajar meminta barang yang diingankan, informasi dan aktivitas. Perhatian kami juga adalah mengajarkan anak untuk meminta sesuatu ketika ia benar-benar menginginkannya, seperti meminta makanan saat ia lapar. Tidak seperti ABA terdahulu yang tidak mempedulikan apakah anak tersebut benar menginginkan barang tersebut atau tidak.

Seiring dengan anak semakin termotivasi dan mampu dalam berbahasa, aspek lain dalam bahasa juga diperkenalkan dan dihargai untuk menjaga motivasi mereka:
- Receptive repertoire: Mengikuti instruksi tanpa membutuhkan bahasa
- Intraverbal: Merespon perkataan orang lain secara verbal
- Tact: Menamai, Mendeskripsikan sebuah benda
- Echoic: Meniru ucapan orang lain
- Imitation: Meniru gerakan orang lain
- Textural: Kemampuan membaca
- Transcriptive: Kemampuan menulis

Dibandingkan dengan menghafal arti dan pola yang benar dalam berperilaku(yang menjadi poin utama dalam ABA terdahulu), hasil yang didapat adalah anak yang mengerti kata-kata dan menggunakannya dalam keseharian. Hal ini menydiakan dasar yang kuat bagi mereka untuk lepas dari diagnosis autism dan dapat masuk ke dalam system pendidikan umum.

Hubungi +62 (21) 6660 3567| Email @ autusmrecovery.asia | atau daftar di bawah :

Please enter your message:

Please tick I am not a robot before sending the message.


Please wait a few seconds for your message to be sent.