Applied Behavior Amalysis (ABA) adalah metode pengajaran terbukti yang menggunakan hadiah (yaitu reinforcers) untuk membantu mengajar anal-anak perilaku dan tanggapan yang sesuai.
Terapis ABA memecah keterampilan menjadi komponen terkecil, yang memungkinkan anak untuk menguasai keterampilan sederhana. Keterampilan sederhana kemudian digunakan sebagai dasar untuk membangun keterampilan yang lebih kompleks. Seiring waktu, terapis mengurangi jumlah hadiah sehingga anak tidak lagi membutuhkan hadiah konstan untuk belajar.
ABA didasarkan pada karya seorang psikolog perintis, B.F. Skinner, yang menggambarkan proses belajar melalui konsekuensi perilaku. Membangun fondasi dasar psikologi, ABA tetap menjadi terapi pemulihan autisme yang paling diteliti dan terbukti secara ilmiah.
Dalam ABA-VB, kita focus pada Perilaku Verbal untuk memastikan bahwa anak dengan autisme benar-benar memahami apa yang telah ia pelajari. Hal ini berbeda dengan ABA tradisional, yang menekankan pada anak untuk melakukan perilaku spesifik dan yang diinginkan.
Dalam pendekatan tradisional yang digunakan oleh sebagian besar terapis lain, jika anak dapat menyebut dan menunjuk ke cookie, terapis akan menganggap bahwa ia telah mengerti apa itu cookie. Itu tidak cukup baik bagi kita. Kami juga membutuhkan anak untuk:
Meminta cookie ketika ingin makan cookie (Mand)
Menemukan cookie ketika diminta untuk mencari cookie (Receptive)
Memiilih cookie jika ditanyakan:
Apa yang Anda makan? (Fungsi)
Apa yang memiliki chocolate chips? (Fitur)
Menemukan makanan (kelas)
Menemukan cookie ketika diminta untuk mencari cookie (Receptive)
Memiilih cookie jika ditanyakan:
Apa yang Anda makan? (Fungsi)
Apa yang memiliki chocolate chips? (Fitur)
Menemukan makanan (kelas)
Menjawab pertanyaan tentang cookie(tanpa ada objek(cookie) atau gambar cookie): (intraverbals)
Katakan padaku apa yang Anda makan.
Apa yang memiliki chocolate chips?
Apa yang renyah?
Katakan padaku apa yang Anda makan.
Apa yang memiliki chocolate chips?
Apa yang renyah?
ABA/VB | ABA Tradisional | |||
Penguasaan Bahasa | Pemerolehan bahasa lebih cepat melalui penekanan pada bahasa fungsional. Dengan mengajarkan bahasa untuk memperoleh reinforcers (mand), pendekatan ini mendorong penguasaan bahasa lebih cepat; anak akan belajar bahwa menggunakan bahasa untuk memperoleh barang-barang atau kegiatan favorit mereka. | Pelatihan bahasa lebih terbatas. Anak-anak diajarkan bahasa reseptif (pemahaman) dan bahasa ekspresif. | ||
Reinforcement & Motivasi | Fokus pada menangkap motivasi anak. Kami menyadari bahwa keinginan anak untuk produk atau aktivitas tertentu berubah dari waktu ke waktu. | Tidak sensitif terhadap perubahan dalam motivasi anak untuk mendapatkan reinforcement tertentu. | ||
Penyampaian Instruksi | Pengajaran di lingkungan kehidapan sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah untuk merespon dalam situasi yang berbeda Dan juga instruksi yang bervariasi. | Lingkungan belajar yang bebas gangguan dan instruksi yang singkat dan kaku | ||
Prosedur Pengajaran | Discrete Trial Teaching (Trial diskrit) & Pengajaran di lingkungan kehidupan sehari-hari Trial yang diselingi, dan pelatihan kefasihan pengajaran tanpa error dan prosedur koreksi. | Intensif, mengajar percobaan diskrit Urutan pengajaran: Tanpa-tanpa-prompt Contoh-prompt-ditukar-diulang |
Hubungi +62 (21) 6660 3567| Email @ autismrecovery.asia | atau daftar di bawah :